DDGimp: Metode Peningkatan Guru Matematika Nusantara

Guru harus mempunyai empat kompetensi, dua di antaranya adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Matematika Nusantara didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk mutu guru matematika Indonesia. Mutu itu ditandai dengan meningkatnya dua kompetensi di atas. Untuk itu salah satu metode yang dapat dijadikan sebagai penunjang adalah dengan menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (diklat).
Adapun mata diklat yang diselenggarakan kali ini adalah pemanfaatan aplikasi pengolah grafis yang diberi nama DDGimp (Diklat Daring Gimp). Pelatihan ini berbeda dari pelatihan-pelatihan yang pernah diadakan oleh Matematika Nusantara. Pelatihan ini tidak hanya menjaring peserta dari kompetensi matematika saja, namun terbuka untuk peserta dengan profesi lain yang ingin mendalami dunia grafis.
Pelatihan ini dilaksanakan full dalam jaringan selama 15 hari mulai tanggal 11 hingga 25 November 2017 dengan durasi 30 jam pembelajaran dengan memanfaatkan media sosial Telegram sebagai tempat berdiskusi dan LMS moodle sebagai kelas maya yang akan menggantikan proses pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya dan waktu, tanpa mengurangi efektifitas. DDGimp merupakan satu-satunya diklat yang membahas tentang penggunaan aplikasi open source pengolah grafis di dunia pendidikan. Diklat ini sangat penting bagi guru atau pun profesi lain, karena melibatkan proses komunikasi visual yang akan membantu menyampaikan informasi secara menarik dan menyenangkan kepada orang lain. Dalam dunia pendidikan, media komunikasi visual dapat difungsikan sebagai pemusat perhatian.
Materi DDGimp diberikan dalam tiga sesi, yaitu dasar desain grafis, dasar-dasar Gimp, dan studi kasus. Diharapkan peserta diklat mampu menghasilkan karya visual desain grafis yang menarik dan bernilai seni.
DDGimp dimentori oleh @ferilee yang saat ini menjabat sebagai ketua bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Matematika Nusantara. DDGimp didukung penuh oleh dua grup besar, yaitu grup Indonesia Digital Teacher (IDT) dan grup GimpScape Indonesia. Semoga diklat ini bermanfaat dan bisa menginspirasi peserta diklat untuk menciptakan desain media komunikasi visual.


0 Komentar:

Best travel shop

It is in point of fact a great and helpful piece of info. I am glad that you shared this helpful information with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

08 Jan 2021, 23:23


Situs terpercaya

Fantastic beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a weblog website? The account helped me a appropriate deal. I had been a little bit familiar of this your broadcast provided shiny clear idea

09 Nov 2020, 19:54


Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *